Call Center 021-87780015 Ext. 138
04 Okt 2017 15:10:24

Potensi Wakaf Indonesia Rp. 388 Triliun per Tahun


















Jakarta, GATRAnews - AwalJanuari 2015 lalu, Lembaga Kemanusian Nasional PKPU, resmi melakukan spin off tahap pertama yaitu dengan menyerahkan pengelolaan zakatnya kepada Inisiatif Zakat Indonesia (IZI). Kebijakan tersebut berlaku seiring dengan telah  dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Agama untuk IZI sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas).

 
Jumat, 17 Maret 2017 pekanlalu, secara resmi PKPU melakukan yang kedua yaitu dengan spin off iwakaf, dimana haltersebut dilihat dari potensi aset wakaf di Indonesia yang mencapai Rp 200 triliun dan potensi wakaf uang bisa mencapai Rp 188 triliun per tahun.
 

"Wakaf bisa berkontribusi untuk pembangunan bangsa ini baik aspek infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ataupun aspeksosial keagamaan lainnya," kata Direktur Utama Inisiatif Wakaf (iWakaf), Romdlon Hidayat dalam keterangan tertulis yang diterima GATRAnews, Rabu,(22/3).
 

Romdlon melanjutkan, saat ini perlu sebuah terobosan dalam melakukan edukasi dan sosialisasi wakaf kepada masyarakat secara lebih massif dan terstruktur.
 

Adanya Undang-Undang Nomor 41 tahun 2004 tentang wakaf uang diharapkan kami bisa mendorong masyarakat untuk membiasakan berwakaf."Karena kami punya slogan siapapun bisa berwakaf uang mulai dari Rp 10.000," lanjutnya.
 

Soal iWakaf, lanjut Romdlon, ini merupakan lembaga wakaf resmi yang mendapatkan izin operasional dari Badan Wakaf  Indonesia (BWI) dengan nomor Nazhir 33.00.17.2.
 

Romdlon melanjutkan,  iWakaf diharapkan bisa memaksimalkan potensi wakaf  uang di Indonesia baik pada aspek fundraising, pengelolaan bisnis atau investasi wakaf uang dan pendistribusian keuntungannya untuk mauquf 'alaih (orang atau lembaga yang berhak menerima harta wakaf).
 

"Alhamdulillah kami sekarang mendapatkan amanah dari masyarakat untuk mengelola wakaf indekos, empat buah klinik, perkebunan dan pertanian," ujarnya.
 

Pihaknya juga membuka kesempatan masyarakat yang mau mewakafkan hartanya dengan mengikuti beberapa program yakni Wakaf Produktif, Wakaf Uang, Saham, keuntungan usaha dan hakcipta/royalti yang nantinya kami akan kelola dalam bentuk usaha baik properti, klinik, perkebunan, pertanian dan usaha ritel.
 

"Selanjutnya hasil keuntungan usaha akan kami distribusikan untuk empat program beasiswa dokter, hafidz Quran, usaha kecil dan cetak Alquran," tutupnya.
 

Sementara itu, Presdir PKPU Human Initiative, Agung Notowiguno mengatakan, sejak awal berdirinya PKPU, wakaf menjadi salah satu kegiatan yang terkait dengan pengelolaan dana umat mengiringi zakat, infak, shadaqah, dan sebutan itu disingkat menjadi istilah ZISWAF.
 

"Tidak hanya itu, PKPU mengembangkan program wakaf telah berjalan walaupun sejauh ini lebih banyak pasif khususnya  wakaf tidakbergerak berupa aset tanah dan bangunan yang perlu dikembangkan lebih lanjut," pungkasnya.
GRAHA PKPU Lt. 3
Jl. Raya Condet No. 27 G, Batu Ampar, Jakarta Timur 13520
Fax : (021) 877 800 13
Telephone : 021-87780015 Ext. 138
Email : info@iwakaf.or.id
Website : iwakaf.or.id
LINK - LINK LAINNYA

Daftar Bank iWakaf
Event
Konfirmasi Pembayaran
Berita & Laporan
Daftar Nama Wakif
Free eBooks